Pohon Jabon Sebagai Pilihan Produk Investasi

Pohon Jabon (Anthocephalus Cadamba) Merupakan salah satu jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuhan subur di hutan tropis dengan ketinggian 0-1000 m dpl.

Saat ini Pohon Jabon menjadi andalan industri perkayuaan,Termasuk kayu lapis,Karna Pohon jabon memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tanaman kayu lainnya termasuk sengon/albasia.


Dari hasil uji joba yang telah dilakukan,keunggulan tanaman pohon jabon dapat diuraikan beberapa sisi,diantaranya:
  • a.diameter batang dapat tumbuh berkisaran 10cm/th
  • b.Masa produksi Pohon jabon yang sangat singkat hanya 4-5 tahun
  • c.Berbatang silinder dengan tingat kelurusan yang sangat bagus.
  • d.Tidak memerlukan pemangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri/self purning
PERTUMBUHAN


Pertumbuhan Pohon jabon sangat cepat dibandingkan dengan kayu keras lainnya termasuk bila dibandingkan dengan sengon(albasia),
Pohon jabon tergolong tumbuhan pioir sebagaimana sengon,ia dapat tumbuh di tanah liat,tanah lempung podsolik coklat,atau tanah berbatu,sejauh ini pohon jabon bebas serangan hama dan penyakit,termasuk karat tumor yang kini banyak menyerang Pohon Sengon.
Ciri dan karakteristik batang pohon jabon adalah : Permukaan kayu licin serta arah tegak lurus,berwarna putih kekuningan mirip meranti kuning,batang mudah dikupas,dikeringkan,diretakan,bebas dari cacat mata kayu dan susut rendah.
PEMEASARAN
Karena jenis kayunya yang warna putih agak kekuningan dan tanpa terlihat seratnya ,maka kayu jabon sangat dibutuhkan oleh industru Kayu lapis (plywood),Industri meubel,Pulp,Prdusen peti buah,Mainan anak,Korek api,Alas sepaty,Papan,Tripleks,Hal inilah yang menyebabkan pemasaran kayu jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan.
NILAI EKONOMI
Budidaya Tanaman Jabon akan memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan apabila dikerjakan secara serius dan benar.Perkiraan dalam 4-5 tahun mendatang,diperoleh dari penjualan 625 pohon berumur 4-5 tahun sebanyak 800-1.000 m3 per ha.Prediksi harga kayu Jabon pada 5 tahun mendatang Rp.1,2-juta/m3.Dengan harga jual Rp.1,2-juta per m3 dan produksi 800 m3,maka omzet dari penanaman Pohon Jabon mencapai Rp.960-juta per ha.Saat ini harga per m3 Jabon berumur 4 tahun mencapai Rp.716.00; Rp 837.000.Andai harga Jabon tak terkerak naik alias Rp.716.000 per m3,aka omzet dari budidaya jabon "hanya" Rp.572.800.00.


PELUANG INVESTASI
Menanam Jabon bagaikan menanam Emas,Sebab kebutuhan kayu akan terus meninggi,karna saat ini pemerintah melarag penggunaan kayu bulat hasil tebangan Hutan Alam,akibatnya banyak industri tutup akibat kekurangan pasokan kayu,Jadi pada masa mendatang,harga kayu Jabon akan semakin meningkat terus.

0 comments:

Post a Comment